Sebagai orang Madura, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya petis. Tentu saja! Karena petis Madura memiliki rasa khas yang tidak bisa didapatkan dari petis manapun. Petis lain biasanya cenderung manis, sedangkan rasa petis Madura asin. Rasa asin pada petis ini karena pembuatannya yang berasal dari kaldu pembuatan pindang ikan yang mengandung garam. Meski begitu, rasanya tidak begitu amis. Itulah mengapa rasa petis ini banyak digemari oleh masyarakat Madura sebagai salah satu elemen makanan.

Petis Madura sering ditemui untuk saus rujak. Udah pernah cobain rujak Madura, belum? Ternyata beda lho dengan rujak dari kota lain. Betul! Karena bahan utamanya–petis saja lebih khas. Mau tahu bagaimana resep simple rujak khas Madura?

Bahan yang dibutuhkan hanya sejumput garam, air secukupnya, cabai (sesuai selera), dan tentunya petis Madura. Pertama siapkan cobek dan ulekan bersih, kemudian haluskan cabai dan sejumput garam. Setelah itu, tambahkan petis Madura sebanyak 1 ½ sendok makan dan air. Takaran airnya sekitar 2 sendok makan atau sampai petisnya tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental. Oh ya, rujak ini bisa juga ditambah dengan kacang sesuai selera kalian. Gampang kan? Rujak dengan petis Madura bisa dimakan sebagai saus untuk buah-buahan, keripik dan kerupuk, atau lauk.

Bagi kalian yang punya selera makanan gurih, sayang banget kalau belum cobain rujak khas Madura.